Usaha untuk menunjang kehidupan dimasa covid

Rumah Kost Kosan Medan

Karena izin usaha pemondokan dikeluarkan oleh kepala daerah masing-masing. Ketentuan yang banyak ditemukan dalam peraturan daerah, izin usaha pemondokan ini wajib dipenuhi jika rumah kost terdiri dari minimal 10 kamar atau penghuni. Sebagai contoh di Kota Malang, pemerintah daerah dapat mengenakan sanksi pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 10 juta (Pasal 17 Perda Kota Malang 6/2006). IMB merupakan izin yang diberikan untuk membangun bangunan yang dikeluarkan oleh kepala daerah.

Peminat dari kos kosan juga terbilang tinggi, terutama ketika penerimaan ajaran baru atau saat ada banyak lowongan pekerjaan dibuka. Tak heran jika banyak Artis Indonesia yang juga terjun dalam bisnis ini. Sekalipun penghasilan mereka besar, tetapi bisnis yang mereka jalankan juga sebagai investasi untuk masa depan atau sekadar ‘menghidupkan’ uang yang ada. Tingginya permintaan pasar , dan potensi passive earnings menjadi dua hal yang menjadikan bisnis properti kost menjadi sorotan. Meski begitu, bisnis properti kos-kosan tentunya memiliki risiko dan tantangan yang tak bisa diabaikan, khususnya terkait operasional dan manajemen pengelolaan kost.

Sementara untuk kost-kostan di bawah 10 kamar, hanya membuat Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan . Namun demikian, maraknya pembangunan Bandar Slot Online ini harus diimbangi dengan dengan pengawasan yang ketat. Ketika Anda sudah resmi diterima sebagai partner papi kost, maka Anda bisa langsung menggunakan aplikasi ini untuk mempromosikan bisnis kost kostan Anda. Karena aplikasi ini digunakan oleh banyak orang untuk mencari informasi kost kostan di Indonesia. Bisnis kost kostan pada umumnya membutuhkan modal puluhan hingga ratusan juta.

Rumah kos modern bahkan dibangun tidak hanya satu kamar dengan kamar mandi dan dapur komunal, tetapi telah dilengkapi kamar mandi di dalam, dapur, hingga ruang tamu dan ruang keluarga. Dari segi lain, rumah kontrakan pun bisa saja berbentuk vertikal seperti pada sebuah rumah susun atau flat. Ketentuan-ketentuan semacam inilah yang masih menimbulkan kerancuan dalam mendefinisikan rumah kost. Hospitality dan pengelolaan manajemen bisnis kamar kost memang menjadi relevan di tengah masa pandemi COVID -19. Dari information salah satu aplikasi yaitu Djuragan Kamar, kost yang telah memenuhi standart hospitality dan manajemen yang terorganisir dengan baik jauh bisa berkembang dan bertahan.

Apalagi mereka yang sangat sibuk dan tak punya waktu banyak untuk mengelola bisnis rumah kost. Atas kenyataan itulah membuat kebanyakan orang yang tinggal di kota memilih menyewa sebuah kamar kost kostan. Inilah peluang bisnis bagi penduduk kota yang sangat menjanjikan yaitu bisnis kamar kost kostan yang terbukti menguntungkan.

Untuk memulai sebuah bisnis kost diperlukan modal yang cukup tinggi, bahkan mencapai miliaran rupiah. Modal tersebut digunakan untuk membeli rumah kost dan mengisinya dengan perabotan serta peralatan elektronik yang diperlukan oleh anak kost. Untuk pemenuhan modal, pada umumnya pengusaha kost memanfaatkan fasilitas pinjaman berupa KPR atau kredit pemilikan rumah dari financial institution. Namun ada juga pengusaha kost yang menghimpun modal dari keluarga dan teman dengan sistem bunga atau bagi hasil.

Tapi yang jelas bisnis penyewaan kamar ini kini banya dijual dengan harga dari Rp 1 miliar sampai Rp 12 miliar. Kondisi ini terjadi lantaran kian tergerusnya tingkat huniannya. Pandemi international selama serahun ini akhirnya mendorong pemilik lodge dan restoran dan akhirnya ribuan kamar kost di Yogyakarta juga sudah mulai ditawarkan by way of on-line. Tak pelak banyak pelaku usaha resort, restoran hingga kost-kostan yang terpaksa menjual asset mereka terlebih saat ini banyak pelajar, mahasiswa yang pulang ke kampung halaman. Sekarang mencari kost-kostan tidak perlu lagi harus keliling dan panas-panasan.

Dengan demikian, para penyewa akan lebih tertarik dikarenakan rata-rata mereka ini lebih memilih tempat kost yang dekat dengan aktivitas kesehariannya. Tapi untuk mencapai hal seperti ini, tidak semuanya serba instan. Dalam hal ini dibutuhan usaha dan trik bagaiaman caranya agar supaya tempat kost yang Anda kelola selalu ramai oleh para penyewa. Pada saat Anda ingin membangun sebuah tempat kost, tentunya sebelumnya harus mempersiapkan beberapa hal mulai dari finances, lokasi, tarif, goal, dan lain sebagainya.

Pebisnis kost juga bisa mendapatkan pasif income secara rutin setiap bulan atau tahunnya. Mereka juga tak lagi perlu direpotkan dengan urusan operasional yang menyita waktu, tak perlu pusing memikirkan cara promosi untuk menarik perhatian pelanggan. Menurut Glen, pebisnis kost tak perlu melakukan begitu banyak upaya untuk meningkatkan bisnis, namun tetap bisa berinvestasi dan mendapatkan passive income dari bisnis kost yang digelutinya. “Pebisnis kost akan mendapatkan pendapatan tetap yang stabil, bahkan cenderung meningkat setiap saatnya.