Usaha untuk menunjang kehidupan dimasa covid

Ragam Tanggapan Serikat Pekerja Sukabumi Soal Buruh Bekerja Dibawah Ancaman Covid

Masalah keuangan, harus terus menerus di rumah bersama keluarga, dan mengajar anak-anak di rumah – semua itu dapat menambah stres dan menyebabkan kita ingin makanan padat kalori. Kita adalah makhluk sosial, jadi kita butuh terhubung dengan orang lain untuk berkembang. Seiring merebaknya virus Covid-19, beberapa langkah antisipasi juga dilakukan oleh sejumah Pemerintah Daerah di Indonesia. Penanggulangan COVID-19 di sejumlah daerah, sejalan dengan instruksi maupun arahan pemerintah pusat, seperti tes masif, penerapan physical distancing, dan pembentukan gugus tugas. Situs memuat pesan tentang 3 langkah penting untuk dilakukan masyarakat yaitu Cara Mengurangi Risiko Penularan, Cari Informasi Yang Benar dan Apa Yang Perlu Dilakukan bila Sakit.

Oleh karena itu, dia menerangkan, pemerintah tidak ingin mengekang sepenuhnya tetapi juga bukan memberikan kebebasan dari penerapan PSBB ihwal izin kerja bagi masyarakat usia produktif. “511 pekerja rumahan atau sixty eight,forty two persen itu terkena dampak dan kehilangan pekerjaan, artinya mereka tidak lagi mendapat pekerjaan dan otomatis tidak mendapat penghasilan. Kemudian 305 pekerja rumahan terancam kelaparan,” tambahnya. Kate melanjutkan, MAMPU bersama mitranya di masa pandemi corona ini melaksanakan kegiatan intervensi di lapangan dengan memperhatikan kebutuhan perempuan dan kelompok rentan lainnya. Hal tersebut diwujudkan melalui pendekatan perspektif gender dan inklusif. Menanggapi segala ketidakpastian akibat pandemi Covid-19, seluruh perusahaan atau tempat kerja yang tidak bergerak pada sektor-sektor pokok di beberapa negara ditangguhkan sementara untuk meminimalkan transmisi antara para pegawai. Sebagai bagian dari usaha untuk mendukung social distancing, pemerintah telah memberlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar bagi sejumlah wilayah dan menghimbau sekolah-sekolah untuk memulai pembelajaran berbasis online yang dapat dilakukan dari rumah bagi anak-anak.

Jadi, sudah jelas para pengusaha dilarang membayar upah buruh dibawah upah minimum selama belum ada penangguhan upah dan tetap membayar upah sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Demikian pula Pasal 151 ayat UUK menyebutkan bahwa “pengusaha, pekerja/buruh, serikat pekerja/serikat buruh, dan pemerintah, dengan segala upaya harus mengusahakan agar jangan terjadi pemutusan hubungan kerja ”. Sehingga, pemerintah memiliki kewajiban melakukan upaya agar tidak ada buruh/pekerja yang di PHK.

Dengan bekerja dari rumah, kita bisa membangun pola kerja yang sehat dan paling tidak meminimalisir kemungkinan stress dari kemacetan. Untuk remote employee, biasanya Pins akan dipekerjakan oleh suatu perusahaan, namun tidak terkena kewajiban untuk datang ke tempat atau kantor. Sebaliknya, mereka atau pihak perusahaan lebih menyenangi jika Pins bisa menyelesaikan pekerjaan dari rumah atau dimanapun Pins mau. Karena kamu tetap menjadi bagian dari group sebuah pekerjaan, maka seringkali Pins diberikan jadwal yang harus Pins turuti. Hal ini biasanya menyangkut jam mulai atau jam selesainya tugas, jadwal assembly hingga jumlah jam produktif Pins setiap harinya. Meskipun Pins tidak puas menikmati fleksibilitas waktu, namun paling tidak pekerjaan dan pendapatan Pins bisa terjamin.

Pekerjaan yang bisa dilakukan umumnya adalah pekerjaan yang berbasis online, salah satunya mengelola bisnis online shop. Mencermati risiko pandemi COVID-19 yang masih membahayakan itu, Menteri BUMN Erick Thohir meminta seluruh pimpinan BUMN memperhatikan kesehatan karyawannya yang harus bertugas melayani publik saat pandemi virus mematikan itu masih berlangsung. Selain itu, lansia potensial, lansia yang masih mampu melakukan pekerjaan dan atau kegiatan yang dapat menghasilkan barang/jasa, dan lansia tidak potensial, lansia yang tidak berdaya mencari nafkah sehingga hidupnya bergantung pada bantuan orang lain. Aplikasi kedua yang dapat kita manfaatkan selama pandemic Covid-19 adalah Google Meet. Aplikasi on-line kingkong slot meeting yang difasilitasi oleh Google ini telah memberikan kemudahan untuk berinteraksi dan berbagi informasi dalam media pertemuan on-line yang menghadirkan beberapa orang dalam satu discussion board. Kemudahan aplikasi ini adalah sudah terintegrasi dengan akun Google Mail.

Dengan membawa helm sendiri, Anda bisa memastikan kebersihan dan keamanannya tanpa perlu dihantui kekhawatiran akan helm yang digunakan. Tidak hanya di angkutan umum, di kantor pun Anda masih bisa terpapar oleh virus corona dengan mudah. Ruang kantor yang terbuka dan tanpa sekat, contohnya penggunaan satu meja besar bersama-sama; atau pemakaian barang-barang kantor yang sering digunakan bergantian, seperti gelas, piring, sendok, dan semacamnya; juga akan membuat Anda rentan tertular Covid-19. Keterbukaan pemerintah melalui mekanisme pengaduan yang dikelola dengan baik terutama pada masa pandemi ini merupakan bagian yang dapat ikut mendorong percepatan penanganan Covid-19.

Menghadapi kondisi tersebut, para pegawai sudah sepatutnya berusaha untuk menemukan solusi dalam mengelola stres yang dialaminya agar kepentingan pribadi dan organisasi dapat berjalan beriringan. Berbagai aturan dan kebijakan telah banyak ditetapkan sebagai himbauan untuk bisa menerima, beradaptasi, dan bertahan di tengah pandemi serta upaya agar para pegawai tetap bisa produktif dalam bekerja. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan oleh para pegawai dalam mengelola stres yang dihadapi yaitu dengan menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan kesehatan mental. Praktisi Hukum Ketenagakerjaan Juanda Pangaribuan mengatakan sedikitnya ada four masalah ketenagakerjaan yang muncul akibat Covid-19.