Usaha untuk menunjang kehidupan dimasa covid

6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Harus Kembali Masuk Kantor

Berjabat tangan jika bertemu tanpa ada rasa takut dan was-was serta saling menyapa tanpa ada batasan masker. Kangen berdiskusi dengan teman kantor untuk memecahkan berbagai masalah dalam pekerjaan. Kangen dengan suara atasan yang memberi perintah untuk melaksanakan tugas tertentu.

Pemberlakuan PSBB secara langsung ataupun tidak, telah berdampak pada sektor industri yang harus mengurangi biaya produksi dengan menutup pabrik, merumahkan karyawan, hingga melakukan PHK, sebagai upaya rasional dalam merespons penurunan jumlah permintaan dan pendapatan. Hal ini membawa efek domino seperti meningkatnya jumlah pengangguran dan penurunan kualitas hidup masyarakat. Pemerintah pun harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit dari anggaran negara untuk menyediakan stimulus dalam rangka menopang berbagai sektor yang terdampak. Di luar information itu, kata Dirjen Rehsos rekonstruksi kebijakan dan program Rehabilitasi Sosial anak yang berfokus pada pencegahan, pengasuhan dan perlindungan yang berpusat pada keluarga. “Saat yang tepat bagi para Peksos meningkatkan kapasitas sebagai seorang profesional. Saudara-saudara harus lebih mampu dan bersemangat dalam menghadapi berbagai tantangan baru di tengah pandemi ini.

Tidak sedikit kantor atau instansi yang telah merenovasi lingkungan kerjanya dengan lebih trendy yang dapat mengurangi penyebaran virus corona. Misalkan dengan pintu yang dapat terbuka dengan sensor tangan, tempat sabun cuci tangan juga dengan sensor. Hal ini merupakan kingkong games inovasi agar orang-orang yang ada didalamnya tidak banyak menyentuh barang-barang atau fasilitas yang biasanya digunakan secara umum. Proyek ini juga mencakup advokasi untuk kebijakan yang mempromosikan inklusi dan menanggapi diskriminasi di pemerintah, sektor swasta, dan serikat pekerja.

Para pekerja harian, pekerja kontrak dan outsourcing yang posisi tawarnya paling lemah dan mudah diberhentikan. Sebenarnya realisasi atas jaminan perlindungan tenaga kerja dapat menciptakan suatu koneksi kerja, baik antara pengusaha maupun pekerja. Koneksi tersebut merupakan bentuk hubungan kerja sebagaimana yang berasal dari perjanjian kerja. Sehingga apabila terjadi PHK yang dilakukan oleh perusahaan, maka perusahaan bertanggung jawab dalam memberikan pesangon dan mengakui secara formal bahwa pekerja/buruh yang telah di PHK pernah bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu, adanya PHK secara sepihak dapat dikatakan sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia . Sehingga apabila dikaitkan dengan adanya PHK yang dilakukan oleh perusahaan, hal ini tentunya akan menimbulkan masalah antara pihak industrial, konflik antara pengusaha dengan pekerja/buruh, yang mengakibatkan terjadinya pengangguran .

Hal tersebut dapat disebabkan oleh mandat kepemimpinan, atau sifat bisnis itu sendiri. Misalnya, perawatan medis, siaran langsung, dan manufaktur yang saat ini belum dapat dilakukan secara jarak jauh. Data memberikan pemahaman lebih baik tentang perilaku dan kualitas pekerja. Pekerjaan dapat dilakukan di lokasi manapun dan dengan waktu yang fleksibel.

Merdeka.com – Kebijakan School from Home dan Work from Home alias sekolah dan bekerja dari rumah sebagai dampak dari pandemi Covid-19 berbanding lurus dengan bertambahnya peran perempuan dalam kehidupan keluarga. Divisi Human Resource tidak dikecualikan dalam penerapan WFH, oleh karena itu mereka butuh bantuan dalam mengelola administrasi HR seperti memberi persetujuan cuti, izin sakit, lembur hingga penghitungan payroll karyawan bahkan saat bekerja dari rumah. Pemberian dan pertukaran informasi lebih mudah di antara divisi karena pertemuan langsung tidak dibatasi. Begitu juga dengan karyawan yang harus bertemu dengan klien, kegiatan bisa berlangsung secara lancar tanpa kemungkinan miskomunikasi.