Usaha untuk menunjang kehidupan dimasa covid

Peluang Bisnis Kost

Modal usaha yang utama dari bisnis kamar kosan adalah mempunyai lahan kosong yang kemudian dibangun beberapa unit kamar kost kosan. Biasanya para penyewa adalah orang yang berasal dari luar daerah dan merantau atau bekerja di kota. Bila Anda ingin memiliki usaha kos-kosan yang ramai maka harga yang diberikan tidak boleh terlalu tinggi namun harga tsb pun tidak boleh terlalu rendah agar tidak merugi. Harga sewa biasanya ditentukan dari fasilitas kamar yang tersedia , lokasi, dan kondisi bangunan. Cobalah Anda melakukan survey terlebih dahulu terhadap harga sewa kos di sekitar lokasi dimana Anda akan memulai bisnis kost-kostan tsb.

Jarang orang biasa yang bersedia untuk menyewa kamar dalam jangka waktu lama, karena kebutuhan akan kost-kostan ini sebenarnya hanya untuk tempat tidur dan menyimpan barang bawaan. Kehadiran para penyewa kost tidak akan melebihi dari 10 jam karena aktifitas diluar, apalagi seorang mahasiswa yang memiliki jadwal padat, menyewa kamar hanya diibaratkan untuk penitipan barang saja. Terlepas dari kebiasaan ataupun kondisis penyewa kamar kost, tentunya anda harus mencari tempat strategis yang dekat dengan lokasi pabrik untuk pekerja ataupun kampus.

Harga tersebut termasuk murah dibandingkan rata-rata harga tanah di BSD sekitar Rp 1,7 juta permeter persegi. Bisnis kos-kosan cukup menjanjikan untuk dijalankan, karena pemilik bisa mendapatkan pasivep income. Mereka tak perlu memikirkan pengelolaan bisnis yang rumit seperti mengurus perusahaan atau bisnis lain yang yang memer keterlibatan penuh dari pemiliknya.

“Karena ini usaha barengan, sistemnya ya sharing revenue. Harga sewanya itu dari Rp 1,2 juta sampai Rp 2,5 juta. Jadi kalau dihitung-hitung, tidak sampai setahun sudah balik modal kok,” ujar suami dari Marshanda. Sebagai pemilik kost, Anda harus menyediakan waktu khsusus guna memanage tempat kost yang Anda kelola ini. Mulai dari pembayaran, perbaikan jika ada kerusakan, dan yang paling penting Anda jangan sampai kalah dengan para penyewa kamar yang susah untuk membayar uang sewa. Ketika Anda memilih mengelola kos-kosan, Anda masih memiliki kesempatan untuk membuka usaha lain yang disediakan di tempat kost tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja membuka laundry, warung kelontong, warung makanan, dan lain sebagainya.

Itu sebabnya, milenial lebih memilih menyewa apartemen atau kosan. Fasilitas kost-kostan pun biasanya sudah lengkap dengan AC, Dapur serta furniture yang lengkap jadi tidak perlu repot-repot membawa banyak barang. Biaya kost juga fleksibel yang biasanya bisa dibayar bulanan atau bahkan harian dibandingkan mengontrak/menyewa rumah biayanya dihitung tahunan.

Atau bisa menjadi selisih dari modal awal dan penghasilan akhir saat ini. Pendapatan yang diperoleh dari investasi ini bisa berupa sebuah kas yang diterima dalam untuk setiap periode, atau pendapatan dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, ROI yang merupakan besaran dana yang harus tersedia jika anda berinvestasi atau mengajukan permohonana dana kepada calon investor jika anda menggunakan investor dalam usaha anda. semua hal yang berupa modal harus dimasukkan ke dalam perhitungan ROI tersebut, termasuk biaya promosi dan pembuatan web site. Sambil tersenyum Ririn mengatakan bahwa kamar yang lucu itu harus bisa bebas diubah dengan gaya atau ditambah pernak-pernik apa pun sesuai selera si penyewa. Ririn mengaku sudah melirik satu bidang tanah yang cukup strategis di sekitar Kampus UI untuk dijadikan rumah kontrakan atau kost-kostan.

Fasilitas yang lengkap dan nyaman juga memberikan daya tarik tersendiri khususnya bagi calon penyewa golongan menengah ke atas. Tentu saja hal ini tergantung pada lokasi dan target market kos kosan sekitar. Layaknya membeli sebuah rumah, lokasi yang strategis akan membuat usaha kos kosan Anda ramai penyewa dan harga sewa menjadi lebih bersaing. Bagaimanapun, penyewa kos akan memilih lokasi yang dekat dengan transportasi umum, dekat kampus atau kantor serta dekat dengan pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli lahan atau rumah indekos yang lokasinya strategis. Jika anda memulai usaha penyewaan kamar kost kostan sangat menjanjikan untuk dijalani di kota.

Prospek yang cerah, menguntungkan dan menjanjikan serta laris manis dari bisnis penyewaan kamar kost-kostan di kota membuat banyak para pelaku usaha mulai melirik bisnis properti ini. Ditambah keuntungan lain dari bisnis kost-kostan yang harga jual rumah kost-kostan akan semakin naik setiap tahun. Dan bisa disewakan dengan keuntungan perbulan yang cukup menjanjikan. Usaha kamar kost-kostan merupakan jenis usaha yang bersifat pasif. Dimana ketika kita tidak bekerja, kita tetap memperoleh pendapatan setiap bulan dari usaha sewa kamar kost-kostan. Pemilihan tempat yang strategis Orang yang membutuhkan kost-kostan biasanya para pekerja dari luar kota ataupun mahasiswa luar kota.

Jika anda memiliki sebidang tanah yang cukup luas, modal yang Anda keluarkan relatif lebih sedikit daripada yang belum memiliki tanah. Kenaikan harga bahan bangunan tiap tahun, tak menyurutkan masyarakat untuk membuat rumah atau bangunan, bahkan setiap tahun cenderung meningkat karena bisnis ini bisa dijadikan sebagai dana pensiun Anda dihari tua. Jadi, bisa dipahami bahwa bisnis kos-kosan yang dikenai pajak adalah usaha kos dengan skala yang cukup besar, yaitu memiliki jumlah kamar lebih dari sepuluh.

Atau anda bisa melakukan cara ini yang dilakukan oleh rekan penulis. Ia menyewakan rumah kost kostan warisan orangtua di kota dan ia memilih bertempat tinggal kingkong slot di desa atau daerah pinggiran dengan harga sewa rumah yang jauh lebih murah. Namun untuk memulai bisnis pemyewaan kamar kost kostan memerlukan modal besar.