Usaha untuk menunjang kehidupan dimasa covid

Jaminan Hak Kesehatan Pekerja Work From Workplace

Saya dan petugas harus datang ke lokasi untuk mengetahui secara pasti ukuran dan keadaan. Tentu saja saat bertemu petugas dan pemilik tanah beberapa aturan dan imbauan tetap dilaksanakan, seperti menjaga jarak dan tidak berjabat tangan. Wabah coronavirus illness atau yang biasa disebut Covid-19 saat ini membuat banyak perusahaan menjalankan kebijakan bekerja dari rumah untuk para karyawannya. Kebijakan ini dilakukan demi keselamatan bersama dan mengikuti imbauan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Namun hal itu dinilai tidak bisa diterapkan secara penuh di seluruh industri (Shinta dalam m.bisnis.com, 2020).

Oleh karena itu, masih ditemukan beberapa perusahaan yang tidak dapat menjalankan kebijakan tersebut terutama pada perusahaan yang foundation bisnisnya bergerak dalam jasa pelayanan seperti perbankan, transportasi dan penjualan eceran . Khususnya perusahaan retail swalayan yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari dimana para karyawannya diharuskan untuk tetap bekerja di kantor atau swalayan untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Kewajiban untuk tetap pergi bekerja di tengah pandemi ini meningkatkan kecemasan dan stres yang dirasakan karyawan.

Sedangkan pintu masuk kendaraan dan pejalan kaki Ancol Barat, Pintu Carnaval, dan Pintu Marina akan ditutup. Manajemen Ancol Taman Impian telah melaksanakan dan menerapkan seluruh protokol pencegahan yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan PemProv DKI Jakarta dan lembaga lain yang berwenang. Setiap pengunjung, tamu, mitra, dan karyawan Ancol Taman Impian dan/atau berencana untuk melakukan kunjungan dan/atau beraktivitas di wilayah Ancol Taman Impian harus mengikuti seluruh protocol dan petunjuk yang ditetapkan dan/atau diinformasikan oleh Manajemen Ancol Taman Impian. Fokus peningkatan higienitas dan sanitasi, termasuk penambahan fasilitas cuci tangan dan pembersih tangan di lokasi lokasi tertentu serta melakukan pembersihan dengan menggunakan cairan disinfektan secara berkala di seluruh wilayah Ancol Taman Impian. Setiap pengunjung Ancol Taman Impian, wajib mengenakan masker selama berada di wilayah Ancol Taman Impian. Pelanggaran atas pelaksanaan protokol kesehatan dapat dikenakan sanksi PIDANA/DENDA/ADMINISTRATIF sesuai peraturan hukum yang berlaku.

Olahraga bersama sebelum kerja dengan tetap menjaga jarak aman, dan anjuran berjemur matahari saat jam istirahat. Menjaga kualitas udara tempat kerja dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk ruangan kerja, pembersihan filter AC. Memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala menggunakan pembersih dan desinfektan yang sesuai .

Selama tiga bulan semenjak diumumkan kasus pertama Covid-19 pada bulan Maret 2020 oleh presiden Joko Widodo, pemerintah terus berupaya melakukan langkah-langkah mitigatif dan penanganan seoptimal mungkin agar virus ini tidak semakin menyebar dan membawa korban jiwa. Beragam pilihan kebijakan ditempuh untuk menghadang laju penyebaran, mulai dari penerapan bodily distancing, hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar di berbagai daerah yang terpetakan sebagai episentrum penyebaran. Pemerintah juga memberlakukan larangan mudik menjelang hari raya Idul Fitri .

Isna pun berharap, Pos UKK di Pusat Kesehatan Masyarakat dapat berjalan aktif sehingga mampu bersiaga untuk memberi pelayanan kesehatan terbaik di tengah pandemi Covid-19 ini. Pembatasan kegiatan ibadah di tempat umum juga harus dipertegas agar tidak ada kecemburuan sosial dan juga menekan penyebaran atau kegiatan sosial masyarakat dalam rangka penanganan pandemi ini. Pada intinya, pelaksanaan PHK yang dilakukan oleh perusahaan harus disesuaikan Tembak ikan dengan ketentuan yang telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan agar amanat dalam Pasal 28D Ayat UUD NRI 1945. Hal tersebut, demi mewujudkan perlindungan hukum bagi pekerja yang mencerminkan adanya keadilan terhadap tiap-tiap pekerja. Dalam hal ini, berlaku pula bagi pekerja yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19 karena bagaimanapun juga hak-hak tenaga kerja yang terkena PHK berdimensi HAM dimana berkaitan dengan kebutuhan hidup manusia.

Lakukan dialog tiga arah antara pengusaha, pekerja/serikat pekerja dan pemerintah. Tidak ada lagi pengeluaran untuk bensin dan transportasi lagi, biaya perawatan untuk kendaraan pun bisa jauh dikurangi karena penggunaannya tidak se-insentif dulu lagi. Kebayang kan berapa banyak yang bisa kita hemat hanya dengan bekerja di rumah saja? Belum lagi, Pins bisa menghemat pengeluaran untuk membeli baju kantor dan cukup memakan makanan di rumah saja daripada membeli makanan di daerah kantor yang harganya aduhaai. Sebagai seorang pemilik usaha, Pins menjadi bos untuk diri sendiri dan tidak harus bekerja untuk orang lain. Pins juga bebas bekerja dimanapun Pins mau, bekerja sebanyak apapun yang Pins bisa dan dengan waktu yang sudah Pins alokasikan sendiri.

Kini, pemerintah telah menghimbau agar kegiatan absensi yang menggunakan sidik jari sebisa mungkin dihindari, karena dinilai dapat memicu penularan virus corona. Karena alat absensi digital tersebut akan ditempeli oleh tangan banyak orang. Sehingga, para karyawan cukup berdiri didepan kamera sensor maka akan secara otomatis merekam kehadiran. Dengan begitu, kita tidak perlu menyentuh alat absensi digital tersebut.

Pemegang Visa dan/atau Izin Tinggal yang sah dan berlaku melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi tertentu setelah memenuhi protokol kesehatan. Saat kamu selesai bekerja, jauhkan ponsel, laptop computer, dan tablet setidaknya dua jam sebelum tidur agar tubuh bisa masuk ke mode tidur. Cobalah ubah pilihan makanan dari yang tinggi lemak dan gula, menjadi yang lebih sehat, menyisipkan waktu olahraga, dan jaga tingkat stres untuk menghindari komplikasi kesehatan. Penting untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman kantor, sahabat, atau keluarga, walau tidak bisa bertemu secara fisik. Melakukan semua aktivitas di rumah sedikit banyak akan membuat kita malas bergerak dan makan berlebihan. Memiliki Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan jaringan digital yang mapan dapat membantu dengan cepat dan fleksibel mengatur kembali kerja dan pendidikan yang harus dilakukan dari jarak jauh.